Monday 27 November 2023

E-book Launch Mom and Kids Writing Project by RBM IPMR

Pertemuan offline Rumah Belajar Menulis (RBM) Ibu Profesional Malang Raya? Memang boleh? Boleh dong! Hehehe…akhirnya RBM punya aktivitas offline setelah bertahun-tahun kami hanya bertemu lewat WAG dan zoom, kini bisa bertatap muka secara langsung di acara launching e-book proyek kami di tahun ini. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 26 November 2023, bertempat di Nutrihub Jalan Besar Ijen 91b, Malang. Untuk kegiatan mentoring yang sudah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya bisa dilihat di postinganku sebelumnya. Klik di sini


Persiapan

Menjadi orang-orang di balik layar sebuah acara memang tak mudah. Ada banyak hal yang harus kami siapkan, ada waktu yang harus kami luangkan, tentu saja ada tenaga dan pikiran yang kita kerahkan agar acara ini dapat terlaksana. Bersama tim kecil kami, tetapi kami sangat enjoy menjalaninya, Alhamdulillah tidak menjadi suatu beban. Justru hal tersebut menjadi semangat untuk kami dalam berkontribusi terhadap dunia literasi, khususnya literasi anak. H-1 kami bersama-sama berkoordinasi, membagi tugas untuk acara keesokan harinya. 


Aktivitas 

Kegiatan yang diikuti oleh para member RBM beserta anak-anaknya ini berlangsung dengan meriah. Alhamdulillah, tak hanya penulis e-book saja tetapi juga dari member yang lain ikut serta menghadiri acara ini. Aku bertugas sebagai MC, yang rasanya seperti menjadi guru TK karena peserta kebanyakan usia TK dan SD kelas 1. Senang sekali rasanya mengawalli acara dengan ice breaking “Boom-Clap” yang membuat anak-anak lebih bersemangat dan fokus untuk kegiatan read aloud. Setelah itu mereka dengan antusias menyimak Kak Ros yang sedang membacakan buku tentang kukuruyuk. Kak Ros membacakannya dengan ekspresif dan suara yang berganti-ganti sesuai dengan karakter yang ada di cerita. Seru sekali. 



Acara dilanjutkan dengan launching e-book yang berjudul “Sekitar Kita Dalam Cerita” yang dapat diunduh di google book secara gratis . Klik di sini


cover by Kak Roshinta



Mbak Iim sebagai pimpinan proyek menyampaikan tentang proses dan akhirnya bisa terbit dalam bentuk e-book. Ada 10 penulis cilik yang dibantu oleh bunda masing-masing dalam menyusun dan menulis cerita. Tak lupa kami juga memberi kesempatan untuk penulis membacakan karyanya. Ada Kak Hannat yang membacakan cerita yang ditulis oleh putrinya. Bagus sekali! Kemudian ada Fadil sebagai penulis cilik dengan percaya diri membacakan karyanya. Keren banget! Eh ternyata adik-adik kecil yang masih usia balita tak mau kalah dengan kakak-kakaknya yang sudah SD. Mereka juga ingin bercerita di depan. Masya Allah. 


Setelah mendengarkan cerita demi cerita, saatnya anak-anak untuk aktivitas bookish play membuat prakarya berupa wayang dari gambar karakter yang ada di dalam e-book dipasang di stik es krim. Anak-anak senang sekali berkreasi, menggunting dan mengelem. Mereka senang bisa memainkan karakter yang ditulisnya dalam bentuk visual. 


Acara ditutup dengan pembagian doorprize, merchandise berupa pouch dan gantungan kunci akrilik bergambar cover e-booknya. Keren banget pokoknya. Tak lupa berfoto bersama mengabadikan kemeriahan hari ini.  


Me on duty

Read aloud bersama kak ros




Kesan

Aku sangat senang sekaligus terharu saat melihat anak-anak antusias saat dibacakan buku, diajak bercerita, dan membuat prakarya. Anakku pun sangat menikmati acara walaupun sempat lesu karena mengantuk. Alhamdulillah semua senang dan ceria mengikuti acara dari awal hingga akhir. Anak-anak, buku, membaca, dan menulis adalah perpaduan yang sangat klop buatku. Hatiku terasa hangat dan penuh bisa memfasilitasi mereka untuk menghasilkan karya dan menikmati kegiatan literasi. Rasanya senang bisa menjadi bagian dari proses belajar dan proses kreatif mereka sejak kecil. Kelak saat mereka tumbuh remaja dan dewasa, aku berharap mereka bisa mengingat hari-hari yang menyenangkan ini agar nantinya mereka dapat percaya diri dan bersemangat untuk terus berkarya. Terima kasih teman-teman kecil, para bunda, tim Mom and Kids writing project dan tentu saja RBM Ibu Profesional Malang Raya yang selalu  memberi ruang untukku selalu belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak. 


Merchandise



2 comments: